Skip to content

Langkah Mudah Atasi "Jetlag"

6 Maret 2010
tags:

Mual, sulit tidur, tidak enak badan, emosi yang tidak stabil merupakan tanda-tanda seorang mengalami jetlag. Tak jarang, hal ini menjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas. Meski dianggap normal, adakah cara untuk mengatasinya?

Jetlag terjadi karena adanya perbedaan waktu dari tempat keberangkatan ke daerah tujuan, sehingga tubuh kita dipaksa untuk menyesuaikan diri, yang disebut juga dengan circadian rhythms. Para ahli mengatakan, risiko jetlag lebih kecil pada perjalanan dari timur ke barat dibandingkan dari barat ke timur.

Berikut ini cara untuk mengatasi jetlag:

  1. Sesampainya di tempat tujuan, sebaiknya segera sesuaikan jam biologis Anda, seperti jam makan dan tidur dengan waktu setempat. Hal ini akan membantu tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan waktu.
  2. Biarkan tubuh diterpa sinar matahari setelah sampai di tempat tujuan atau membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Sinar matahari tersebut akan memberi rangsangan pada sel-sel tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Dengan demikian tubuh akan lebih cepat beradaptasi dengan waktu setempat.
  3. Bila kedatangan Anda di tempat tujuan sudah dipenuhi dengan berbagai jadwal, sebaiknya pilihlah jadwal keberangkatan yang jam kedatangannya cukup jauh dengan jadwal yang pertama. Jeda waktu ini merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh beradaptasi dengan lingkungan dan waktu setempat.
  4. Usahakan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga untuk memberi sistem kekebalan yang lebih pada tubuh. Dengan begitu, Anda pun tidak terlalu mudah terserang rasa pusing, dan sebagainya.
  5. Pastikan bahwa Anda sudah tidur yang cukup pada malam sebelum keberangkatan.
  6. Perjalanan yang kadang memakan waktu lebih dari sehari, bisa dimanfaatkan dengan melatih jam biologis untuk menyesuaikan diri di tempat tujuan. Misalnya, tidur di jam yang sesuai dengan waktu tujuan.
  7. Cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan di sekitar kabin pesawat. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kaki bengkak karena kurang lancarnya peredaran darah ke kaki akibat duduk yang terlalu lama.
  8. Pastikan bahwa Anda meminum air mineral yang cukup banyak untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Sumber: Kompas, 1 April 2006

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: