Skip to content

Wikipedia Belum Tentu Valid

14 Januari 2010
tags:

Ada berita yang cukup membuat saya bertanya-tanya, berita yang dimuat di okezone.com dengan judul “Pelajar Sekolah Dihimbau Hindari Wikipedia”. Berita ini datang dari London Inggris. Ofqual, lembaga pengawasan Inggris yang di bidang pendidikan menyarankan agar anak-anak sekolah sebaiknya memilah-milah dalam mengakses internet. Salah satu situs yang sebaiknya dihindari oleh para pelajar di Inggris adalah Wikipedia.

Ofqual menilai bahwa artikel-artikel di Wikipedia tak sepenuhnya bisa dipercaya dan tidak akurat. “Ensiklopedia online yang dibuat berdasarkan kontribusi dari para pembaca tak akurat dan dalam beberapa artikel banyak yang salah semua,” tulis Ofqual seperti dilansir Telegraph, Jumat (8/1/2010).

Para pelajar dengan adanya internet dapat dengan mudah mencomot utuh dan menjadikannya sumber untuk membuat sebuah tulisan untuk pekerjaan sekolah tanpa mereka sadari apakah sumber mereka itu benar atau sebaliknya. Himbauan dari Ofqual ini keluar setelah banyaknya aksi kecurangan seperti plagiat yang dilakukan oleh para pelajar. OfQual bahkan akan membuat kebijakan yang akan melarang seorang anak mengikuti ujian sekolah apabila diketahui menggunakan data-data yang tak valid dari situs -situs internet. Terutama jika karya-karya tulis para pelajar tersebut akan dipublikasikan. (ugo)

Dari berita tersebut sebaiknya bagi kita yang masih pelajar harus lebih selektif terhadap sumber-sumber yang tersedia di internet. Sepertinya buku masih dapat dipergunakan lebih baik untuk membantu mengerjakan tugas sekolah.

Disadur dari http://m.okezone.com/read/2010/01/07/55/292011/pelajar-sekolah-dihimbau-hindari-wikipedia dengan pengubahan seperlunya.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: