Lanjut ke konten

Prosesor 100 Core

13 Januari 2010
tags:

Intel dan AMD yang telah lama bermain di pasar prosesor kini mendapat nacaman serius dari perusahaan Tilera yang bermarkas di San Jose California. Pasar prosesor bersiap menghadapi penawaran dari Tilera dengan Prosesor 100 core bukan lagi dual, tripel, ataupun quad core.

Prosesor yang tergolong dalam keluarga TILE-Gx ini terdiri dari empat jenis prosesor yakni : 16 core, 36 core, 64 core, dan 100 core. Dengan kemampuan jumlah core maka tidak mengherankan jika prosesor ini di klaim paling bertenaga dibanding para rivalnya.

Tilera juga mengklaim TILE-Gx memiliki nilai kinerja per watt hingga sepuluh kali lipat chip Intel generasi mendatang Westmere. Desain prosesor Tilera dikembangkan dengan teknologi Multicore Development Environment berbasis interkoneksi Imesh dua dimensi yang meniadakan kebutuhan on-chip bus dan teknologi Dyma Distributed Cahce System dimana hal ini memungkinkan bagi setiap cache lokal di setiap core dapat dibagi dengan seluruh core.

Meski dirancang oleh Tilera, TILE-Gx dibuat dengan proses 40 nanometer TSMC(Taiwan Semiconductor Manufacturing Company). Prosesor ini bekerja pada 1,5 GHz dengan konsumsi daya antara 10-55 watt. Untuk masalah harga masih belum disebutkan berapa pastinya karena masih baru akan diluncurkan pada kuartal empat 2010.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: