Lanjut ke konten

Perubahan Internet

13 Januari 2010

Dalam dua tahun belakangan internet telah berubah drastis baik secara infrastruktur maupun ekonomi. hanya ada 30 perusahaan besar yang mendominasi dunia maya itu, setidaknya ini hasil dari studi yang dilakukan Arbor Networks dan the University of Michigan.

Riset pertama tiga tahun silam menganalisis lebih dari 256 exabytes lalu lintas dati di operator cable, transi backbone, regional networks dan konten providers diseluruh dunia, dan mendapatkan bahwa 30 raksasa hiper bertanggung jawab atas 30 persen lalu lintas di internet.

Dalam 2009 Internet Observatory Report, Arbor Networks mengatakan bahwa lima tahun lalu lalu lintas internet tersebar cukup merata di puluhan situs dan server yang dikelola perusahaan besar. namun kini konten hanya beradar disegelintir hosting cloud dan para penyedia konten yang sangat besar.

Setengah lalu lintas internet pada 2007 dihasilkan oleh 5.000-10.000 perusahaan. Sejak saat itu, agregasi dari konten menyebabkan hanya 150 perusahaan yang kini bertanggung jawab atas lalu liintas internet dengan jumlah yang sama setiap harinya. Perusahaan yang paling banyak menghasilkan lulu lintas internet adalah Google, Yahoo, dan Facebook. Kemunduran ini merupakan akibat dari perubahan ekonomi, kolapsnya transit IP keseluruhan dan meningkatnya model bisnis yang digerakkan oleh iklan.

Efek lain dari perubahan ekonomi adalah selain konsolidasi konten, para penyedia konten besar seperti Google membangun hubungan langsung dengan para konsumenya, tanpa melalui para penyedia lapis-pertama.

Laporan dari Arbor juga menyoroti bagamana aplikasi-aplikasi internet pada dasrnya telah bermigrasi ke web. Jika dulu protocol dan stack berkomunikasi khas aplikasi nyaris sebanyak pengembangnya, kini kebanyakan telah beralih ke sejumlah kecil web dan protokol video-biasanya flash.

Dua belas tahun pertama internet adalah tentang menghubungkan rumah dan bisnis. Ini adalah tentang teknologi. Sekarang konektivitas ada dimana-mana dan harganya merosot dan inovasi tidak terjadi disana tetapi dalam konten makin mendekati konsumen dan bisnis.

Dengan semakin cepat dan baiknya kualitas konten wajah internet akan berubah, yang menggairahkan bagi perusaan besar dan konsumen. Kita sedang memasuki era kedua internet.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: