Lanjut ke konten

Misteri Angka 13

5 Januari 2010

Tahukah kalian bahwa bagi sebagian orang angka 13 itu dianggap membawa sial? Bahkan lebih parahnya lagi, angka 13 dalam mitologi eropa kuno adalah angka sial(unlucky number). Ada sebuah pesan implisit dari labelling tersebut: jauhi angka itu kalau ingin hidup tidak sengsara. Masa iya bener? Takhayul inimengendap dari dada petani papa sampai bangsawan borjuis yang katanya”lebih terdidik”.

Bahkan ada banyak kisah yang menggelitik dari angka tiga belas, salah satunya adalah(konon) ada seorang puteri dari kerajaan Inggris yang menolak mentah-mentah mahar rumah mewah yang diberikan oleh seorang pangeran yang meminangnya. Tau kenapa? Rupanya rumah mewah yang dimaharkan itu bernomor 13 sehingga sang puteri “alergi” menerima rumah mewah tersebut.

Mengapa angka tiga belas dianggap sebagai angka yang membawa kekurang beruntungan? Sebenarnya, kepercayaan tahayul dan aneka mitos yang ada muncul dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Kabbalah adalah sebuah ajaran mistis kuno yang telah dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Fir’aun yang kemudian diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, dan lain sebagainya-terlebih bagi kaum Zionis-Yahudi yang kemudian mengangkatnya menjadi satu gerakan politis dan sekarang ini, ajaran Kabbalah telah menjadi tren baru dikalangan selebritis dunia.

Bangsa Yahudi sejak dahulu merupakan kaum yang secara ketat memelihara Kabbalah. Bangsa Yahudi juga merupakan bangsa yang suka mengutak atik angka sehingga dikenal pula dengan sebutan kaum Geometrian Menurut mereka(bangsa Yahudi), angka tiga belas merupakan salah satu angka suci yang mengandung berbagai daya magis dan sisi religius, bersama-sama dengan angka 11 dan 666. Sebab itu, dalam berbagai simbol terkait Kabbalisme, mereka selalu menyusupkan angka 13 kedalamnya. Kartu tarot misalnya, itu jumlahnya tiga belas. Juga kartu remi, jumlahnya 13(As, 2-10, Jack, Queen, King).

Meskipun dianggap angka sial, benyak juga bangsa-bangsa yang menggunakan angka 13 tanpa mereka sadari. Misalnya saja penyisipan simbol angka 13 terbesar sepanjang sejarah manusia dilakukan kaum ini kedalam lambang negara Amerika Serikat. The seal of United States of America yang terdiri dari dua sisi(burung elang dan piramida Illuminati) sarat dengan angka 13.

Selain menyisipkan angka tiga belas kedalam lambang negara, logo-logo perusahaan besar Amerika Serikat juga demikian, seperti logo McDonalds, Arbyss, Startrek.com, Westel, dan sebagainya. Angka tiga belas bisa dilihat jika logo-logo ini diputar secara vertikal. Demikian markas besar Microsoft Corp. disebut-sebut sebagai the Double Thirteen atau doble -13, sadar tidak bahwa logo Microsoft yang berbentuk meneyerupai sebuah jendela(windows) sebenarnya itu merupakan bentukan dari angka 1313.

Uniknya, walau angka tiga belas bertebaran dalam beraneka rupa, bangsa Amerika rupa-rupanya juga ikut menganggap angka 13 sebagai angka yang harus  dihindari. Bangunan-bangunan tinggi di Amerika jarang yang menggunakan angka 13 sebagai angka lantainya. Bahkan dalam kandang-kandang kuda pacuan demikian pula adanya, dari nomor urut 12, lalu 12a, langsung ke 14 (mungkin orang yang membuatnya tidak bisa berhitung 😀 ).

Kaum kabbalis sangat mengagungkan angka 13, selain tentu saja angka-angka lainnya seperti 11 dan 666. Angka ini dipakai dalamberbagai ritual setan mereka. Bahkan simbol Baphomet atau Kepala Kambing Mendez (Mendez Goat) pun dihiasi simbol angka 13. Itulah sebabnya angka 13 dianggap sebagai angka sial, karena menjadi bagian utama dari ritual setan. Tetapi bagaimana keadaannya dengan negara kita(Indonesia) ini? Sebagian dari kita justru menganggap angka 12 lah yang membawa sial buktinya orang sering ngomong “Cilaka 12” ?

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: