Lanjut ke konten

Cara Bangun Pagi

5 Januari 2010
tags:

Dengan banyaknya kegiatan yang kita jadikan rutinitas harian membuat badan kita serasa capek semua. hal ini berdampak pada kondisi kita yang sulit bangun pagi hari karena masih merasa capek. Ada banyak cara untuk membuat badan kita lebih berenergi, antara lain :

1. Jangan tidur larut malam

Buat yang hobi begadang, ya kurangin sedikit demi sedikit kebiasaannya supaya lebih fit pas bangun pagi.

2. Tidur di meja

Kalau dengan sangat terpaksa tidur larut malam, cobalah untuk tidur di meja saja. Terbukti cara ini bisa membuat tidur pulas, badan segar, tapi tetap bisa bangun pagi. Bagi yang ingin membuktikan cara ini, pastikan meja cukup panjang dan kosong.

3. Tidurlah diruang yang terkena sinar matahari

Tidur di tempat yang terkena sinar matahari langsung akan sedikit banyak membuat kita terbangun secara alami. Jangan tidur di ruang gelap sepanjang hari, karena kita akan beranggapan bahwa hari masih malam, sehingga “tertipu” untuk tidur lebih lama.

4. Ganti kopi dengan teh pappermint

Menurut Alan Hirsc, direktur Neurological Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, aroma kuat pappermint akan membuat kita tersadar. Teh pappermint akan membuat kita lebih berenergi, sementara kopi justru akan mengeringkan kelenjar ginjal yang membuat kita mudah lelah.

5. Makan teratur

Membiarkan perut kosong selama 3 jam dapat membuat kadar gula menurun drastis, akibatnya akan membuat kita mudah lelah, marah, dan kalap saat makan setelahnya. Vitamin B sangat penting untuk meningkatkan vitalitas. Jadi disela-sela ngemil, konsumsi juga pisang, buah almond, low fat yogurt, buah berry segar serta buah lain yang banyak mengandung vitamin B.

6. Alarm no, lighting yes

Penelitian dari Unversity of Washington School of Medicine menunjukkan tidur dengan lampu terang akan membangkitkan energi, membangkitkan mood, dan produktivitas.

7. Perawatan tbuh alami

Seperti membalurkan krim lavender, pappermint, atau lemon pada punggung dan pergelangan kaki, itu akan meningkatkan energi dan memberi efek menenangkan.

8. Pijat

Sesekali pijat akan melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh lebih tenang.

9. Berendam air hangat

Berendam air hangat atau sauna juga akan membuattubuh lebih segar. Coba saja ketika dalamkeadaan lelah dan penat seusai beraktivitas, berendamlah dengan air hangat dan rasakan efeknya.

Itu tadi sedikit tips agar kita bisa bangun pagi(terutama bagi yang jarang bangun pagi). Tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? .

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: