Lanjut ke konten

Tipe Perubahan Sosial

4 Januari 2010

Perubahan-perubahan yang terjadi di dunia ini memang telah berlangsung sejak dahulu kala, hanya saja pada jaman sekarang perubahan-perubahan tersebut telah berjalan dengan sangat cepat. Bahkan berkat adanya kemajuan yang begitu pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi, maka pengaruh-pengaruhnyapun telah menjalar secara cepat ke bagian-bagian dunia lainnya.

Kehidupan manusia (masyarakat) pasti akan selalu mengalami perkembangan atau perubahan. Dalam proses perubahan tersebut manusia (masyarakat) biasanya akan cenderung berusaha (berubah) ke arah yang lebih maju (lebih baik), meskipun dalam realitanya tidak selamanya hal semacam itu berhasil didapatkannya, sebab adakalanya juga bahwa perubahan itu justru terjadi sebaliknya, yakni bergerak ke arah yang lebih jelek (kemunduran).

Tugas manusia untuk mengusahakan bagaimana agar perubahan-perubahan tersebut mengarah pada kemajuan, dan sebaliknya mencegah setiap perubahan yang menuju ke arah kemunduran. Perubahan sosial yang mengarah pada kemajuan itu misalnya adanya pembangunan dan modernisasi. Dengan pembangunan, berarti manusia telah merancang perubahan sosial yang mengarah pada kemajuan. Sedangkan adanya modernisasi berarti manusia telah merubah sikap mental yang modern serta menerapkan teknologi canggih yang berguna bagi kelancaran proses pembangunan suatu masyarakat dan bangsa.

Ditinjau dari aspek historis, terjadinya perubahan sosial adalah suatu proses yang akan berlangsung terus sepanjang kehidupan manusia. Sementara ditinjau dari aspek bentuknya, terjadinya perubahan sosial itu akan meliputi:

  1. Perubahan sosial yang berlangsung secara lambat (evolusi) dan Perubahan sosial yang berlangsung secara cepat (revolusi);
  2. Perubahan sosial yang berlangsung dengan skala kecil dan Perubahan sosial yang berlangsung dengan skala besar;
  3. Perubahan sosial yang berlangsung karena dikehendaki atau direncanakan dan Perubahan sosial yang berlangsung karena tidak dikehendaki atau tidak direncanakan.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: