Lanjut ke konten

Ubuntu 9.10 Karmik Koala

19 Desember 2009
tags:

Kehadiran operating sistem baru milik microsoft disambut baik oleh beberapa vendor besar. Kendati demikian banyak rival yang juga siap menghadang laju Windows Seven.

Ubuntu siap menghadang dominasi raksasa software tersebut dalam pasar operating sistem. Canonical selaku pengembang dari Ubuntu meluncurkan “Karmik Koala” atau Ubuntu versi 9.10 pada 29 Oktober 2009. Karmik Koala adalah sebagai pengembangan lanjutan dari Ubuntu 9.04 yang dikenal sebagai “Jaunty Jackalope”. Karmik Koala dibangun diatas kernel Linux 2.6.31.1, Ubuntu 9.10 di klaim mampu menyelesaikan booting lebih cepat, memiliki tampilan lebih menarik, tool pemrograman yang mudah diadaptasi penggunanya, dukungan audio lebih baik, dan dukungan konektifitas lebih luas.

Sementara untuk Ubuntu 9.10 Server Edition, telah mendukung penuh Ubuntu Enterprise Cloud. Ini merupakan teknologi komputasi awan (cloud computing) yang memungkinkan pelaku bisnis membuat layanan cloud sendiri.

Meskipun berbasis Open Source, pengembangan Ubuntu dilakukan secara serius, hal ini dibuktikan dengan disematkannya vitur Ubuntu Software Center yaitu program yang dapat digunakan untuk menambah atau mengurangi aplikasi yang dibutuhkan pengguna. Canonical juga menyertakan Ubuntu One, layanan sharing data penyimpanan online gratis 2 GB dan dapat ditambah 50 GB dengan biasa $10 US per bulan.

“Ubuntu memberikan alasan yang lebih banyak bagi pengguna yang akan menggunakan Linux sebagai pilihan sistem operasinya. Kami menyediakan platform bagi pengguna yang menginginkan sistem operasi yang mudah digunakan, tampilan hebat, dan cocok untuk kebutuhan web.” kata Jane Silber, Chief Operating Officer Cannonical.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: