Lanjut ke konten

MP3 Bukan Free Source

14 Desember 2009

Banyak program Open Source yang akhir-akhir ini tidak mnyertakan codec untuk memutar MP3. Setelah mencari di internet, saya mendapatkan jawaban sebagai berikut ini.

Perlu diketahui sebagian besar distribusi linux tidak menyertakan codec untuk memutar MP3 hal ini dikarenakan MP3 merupakan format file berlisensi proprietary yang artinya setiap player baik berupa software maupun hardware yang ingin menggunakan format tersebut secara legal diwajibkan membayar dan juga bagi setiap orang yang ingin mendistribusikan MP3 secara legal diharuskan membayar. Lalu muncul pertanyaan, adakah cara untuk menggantikan format mp3 sebagai format musik?. Bukan OpenSource namanya kalau tidak dapat mencari jalan keluar dari sebuah masalah. Beberapa ahli dalam dunia open source bekerja sama dan  berhasil membuat format audio yang memiliki kualitas yang sama dalam ukuran yang sama dengan file MP3 namun berlisensi bebas, format tersebut dikenal dengan nama OGG.

OGG merupakan format audio opensource yang kini mulai banyak disertakan pada player music terkenal baik software maupun hardware termasuk Winamp(player untuk windows).

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: