Lanjut ke konten

10 Gadget Pengubah Zaman

12 Desember 2009

Sydney – pada awal abad 21, perubahan teknologi terjadi amat drastis. Dimulai dari semakin tipisnya layar, penggunaan broadband yang sudah makin luas, dan munculnya berbaai ponsel pintar. Berikut dipaparkan 10 gadget yang telah mengubah zaman, dikutip dari World News Australia (10/12/2009).

  1. Kamera Digital. Tak perlu lagi membeli rol film yang mahal dan hanya dapat digunakan sekali. Kehadiran kamera digital memudahkan setiap orang mengabadikan momen-momen istimewa mereka dengan cepat serta mudah melihat hasilnya. Dengan semakin murahnya harga gadget, dunia fotografi pun semakin ikut berubah.
  2. Layar datar. sebenarnya teknologi sudah mulai muncul sejak 1990-an. Namun pada saat itu gambar yang mampu dihasilkan masi tergolong kurang baik dan sering mengeluarkan suara yang bising. Sejak Cina menjadi sumber energi dari teknologi ini dan memproduksinya secara masal, Layar datar kini hampir menguasai sebagian layar komputer dan televisi di seluruh dunia. Layar datar sangat ringkas dan mampu menghemat tempat.
  3. Perangkat GPS. selain hadir perangkat GPS populer seperti TomTo dan Garmin, teknologi GPS dipastikan kini sudah ada pada ponsel-ponsel cerdas. Teknologi ini memudahkan orang mengetahui keberadaan mereka dan tempat yang akan mereka tuju.
  4. TV Digital. Menonton televisi secara digital kini sudah mulai populer. Penonton kini dapat menonton berbagai siaran televisi kesayangan mreka secara online menggunakan internet.
  5. Wi Fi. Akses internet kini lebih mudah tersambung dengan kehidupan sehari-hari tanpa kabel berkat teknologi Wi Fi. Bahkan kini keberadaan Wi Fi juga menjadi salah satu alasan yang menarik orang pergi ke sebuah cafe atau pun toko buku.
  6. Netbook. Pada 2007 Asus memulai memproduksi netbook seri Eee PC yang dikenal ramping, murah, dan berciri khas laptop dasar untuk siswa sekolah. Namun kebutuhan netbook kini telah merambah ke berbagai kalangan dan menjadi musuh besar dari produsen-produsen komputer desktop.
  7. iPod dan MP3 Player. Gadegt pemutar musik ini telah mengubah musik menjadi digital. Pecinta musik kini bisa menyimpan ratusan bahkan ribuan lagu-lagu kesayangannya di dalam perangkat yang sangat kecil ini. Koleksi lagu-lagu inipun dapat dengan mudah dipindahkan ke media penyimpanan digital lain yang memiliki kemampuan menyimpan file.
  8. Game Konsol. Perangkat game seperti Playstation 3 besutan Sony dan XBox andalan microsoft diakui telah mempengaruhi perkembangan dunia game karena kemampuannya yang menyediakan konten melalui internet. Melalui perangkat tersebut, gamer dapat leluasa bermain dengan orang lain yang berbeda tempat bahkan berbeda negara.
  9. Wii. Berbeda dengan para pesaingnya, Nintendo lebih memilih untuk menghabiskan segala perhatian mereka untuk pengembangan kontroler game wireles dibandingkan perangkat game berkarakter kuat. Namun karena revolusi yang disuguhkan Wii tersebut, Wii tak sekedar untuk konsol game tetapi juga digunakan untuk alat olahraga, media terapi pengobatan pasien, dan lain sebagainya.
  10. iPhone. Ponsel cerdas seperti iPhone dan BlackBerry memudahkan orang melakuakn berbagai pekerjaan dalam waktu bersamaan. Ponsel ini dirancang agar dapat menerima dan mengirim e-mail, berselancar di internet, mengambil foto dan langsung meng uploadnya ke jejaring sosial bahkan pada saat diperjalanan.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: