Skip to content

The Six "M"

11 Oktober 2009

Seorang manajer memerlukan alat atau sarana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Apakah sarana tersebut?  Sarana (tools) atau alat manajemen yang diperlukan manajer disebut dengan “The Six M”. The Six M  terdiri atas man, money, materials, machines, methods, dan markets. Keenam alat tersebut merupakan sumber daya yang diperlukan dalam organisasi atau perusahaan. Perhatikan peran masing-masing alat tersebut bagi manajer di bawah ini.

1. Men (Orang atau manusia)

Untuk melakukan berbagai aktivitas manajemen diperlukan manusia. Mengapa? Karena manusia merupakan faktor penentu dalam manajemen. Tanpa adanya manusia tidak ada proses kerja. Manajer adalah orang yang menggerakkan manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya. Tanpa orang yang tepat pada tempat yang tepat, tujuan yang diinginkan tidak akan tercapai secara maksimal “the right man on the right place”.

2. Money (Uang)

Uang dikatakan merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan. Dalam organisasi (perusahaan), uang berfungsi untuk membayar gaji bagi mereka yang melakukan proses perencanaan, mengadakan pengawasan, bekerja dalam proses produksi, membeli bahan, peralatan-peralatan, dan sebagainya.

3. Materials (Materi atau Bahan)

Dalam mencapai hasil yang diinginkan, seorang manajer tidak hanya membutuhkan manusia sebagai pelaksana kegiatan. Akan tetapi, materi atau bahan baik bahan setengah jadi maupun bahan setengah jadi pun diperlukan dalam proses pelaksanaan kegiatan. Karena itu, materi atau bahan juga merupakan sarana untuk mencapai tujuan.

4. Machines (Mesin)

Mesin merupakan salah satu kemajuan teknologi yang membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Mesin sangat diperlukan dalam kegiatan operasi perusahaan. Salah satu tujuan penggunaan mesin adalah agar kegiatan manusia dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

5. Methods (Metode)

Metode adalah cara untuk melakukan pekerjaan agar berdaya guna dan berhasil guna. Untuk memperlancar jalannya usaha diperlukan metode-metode kerja yang tepat. Mengapa metode dianggap sebagai sarana atau alat bagi manajer dalam mencapai tujuan? Pemilihan metode yang tepat akan menentukan tercapainya tujuan. Masing-masing metode memiliki daya guna dan hasil guna yang berbeda.

6. Market (Pasar)

Pasar merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Seorang manajer harus mampu menguasai pasar untuk memasarkan produknya. Mengapa? Penguasaan pasar menjadikan perusahaan tetap terjaga kelangsungan hidupnya sehingga produksi tetap beroperasi dan tujuan utama perusahaan tercapai, yaitu pencapaian laba. Lalu, bagaimana cara mempertahankan pasar yang telah ada? Tentu saja kualitas dan harga yang sesuai selera konsumen tetap terjaga.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: