Lanjut ke konten

Manajemen dan Unsur Manajemen

10 Oktober 2009

Apakah manajemen itu?  Secara umum, istilah manajemen mengandung tiga pengertian, yaitu pertama, manajemen sebagai proses; kedua,  manajemen sebagai kolektivitas dari orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen; ketiga, manajemen sebagai suatu seni dan ilmu.

Coba pahami beberapa pendapat para ahli yang mengemukakan manajemen sebagai seni dan ilmu berikut ini.

1. T.H. Nelson dan Prof. Oey Liang Lie

Mereka menyatakan bahwa manajemen sebagai ilmu dan seni. Manajemen disebut sebagai ilmu karena manajemen merupakan sekumpulan pengetahuan yang sistematis dan telah diterima sebagai kebenaran-kebenaran yang universal. Manajemen sebagai seni karena keberhasilan manajer dalam usahanya untuk mencapai tujuan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan sumber-sumber daya baik manusia maupun alam; terutama sumber daya manusia.

2. Thomas H. Nelson

Thomas H. Nelson mempunyai pendapat yang sama, bahwa manajemen sebagai seni dan ilmu. Ia mendefinisikan manajemen perusahaan merupakan ilmu dan seni dalam memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan, dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

3.  Ensiclopedia of The Social Sciences

Dalam buku ini dikemukakan secara singkat, manajemen sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi.

4. Mary Parker Follet

Ia mendefinisikan bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. “Management is the art of getting things done through people”.

5. George R. Terry
Menurut George R. Terry, ia mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.

6. Griffin

Griffin berpendapat bahwa manajemen adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.

Dari berbagai definisi dan pengertian manajemen menurut berbagai ahli di atas, tampak adanya tiga unsur pokok dalam manajemen, yaitu adanya tujuan, kegiatan, dan manusia.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: