Skip to content

Penulis Twilight Dituding Menjiplak

3 Oktober 2009
tags: ,

Penulis novel Twilight digugat karena diduga telah melakukan penjiplakan terhadap novel karya orang lain. Novel ke empatnya yang berjudul Breaking Dawn dituding menjiplak dari novel vampire lain yaitu The nocturne.

Dalam gugatannya Jordan Scott menuduh Stephenie Meyer sang penulis Twilight telah menjiplak kedua novelnya yang sebagian telah dia posting di internet, sebagaimana yang di beritakan reuters, Jumat (21/8/2009).

Gugatan tersebut diajukan pad hari Rabu, 19 Agustus kemarin di Pengadilan Federal di California. dia menuding jika Meyer telah mencuri ide-ide dari novel yang dibuatnya.

Kedua novel yang diperkarakan ini sama-sama diterbitkan pada tahun 2008, keduanya memiliki beberapa persamaan secara bahasa, plot, karakter, dan poinnya. Jordan mencontohkan cerita di lorong perkawinan dan pengambilan gambar saat dipantai setelah pernikahan memiliki kesamaan.

Pihak Penerbit Buku Hachette sebagai penerbit Twilight menuding kesamaan itu tidaklah benar. Novel tersebut telah terjual hingga 70 juta kopi di seluruh dunia dan kemudian dijadikan film Hollywood.

Sedikit catatan saja bahwa film pertama Twilight berhasil mengumpulkan penjualan tiket hingga Rp3,8 triliun dari seluruh pemutaran film tersebut di seluruh dunia. Film keduanya “New Moon” menjadi film terfavorit di bioskop pada bulan November tahun lalu.

sementara novel The Nocturne yang telah mulai ditulis Scott sejak masih berusia 15 tahun di tahun 2003 ini hanya laku terjual 5 ribu kopi saja.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: