Lanjut ke konten

Pembajak Microsoft Terbesar Diadili Di China

3 Oktober 2009

Pengadilan di wilayah Suzhou di Beijing China, akhirnya menjatuhkan vonis penjara bagi empat orang pembajak Microsoft. Mereka dianggap bersalah karena menyebar luaskan versi bajakan Microsoft Windows XP yang mereka beri nama “Tomato Garden”.

Xinhua, Jumat (21/08/2009) melaporkan bahwa keempat pelaku menjadi sorotan karena kasus yang mereka lakukan adalah kasus pembajakan piranti lunak terbesar di negara tersebut.

Hong Lei yang merupakan pencipta program Tomato Garden Windows XP dan salah satu anggotanya telah dijatuhi hukuman penjara selama tiga setengah tahun. Sementara dua yang lainnya dijatuhi hukuman penjara masing-masing selama dua tahun.

Hong menciptakan Tomato Garden Versi Windows XP yang bisa membobol sertifikasi sah program Microsoft. Dengan demikian pengguna dapat mengakses software dari Microsoft  secara ilegal, kata Howard Berman anggota kongres California yang mengikuti kasus ini.

Dengan Tomato Garden, jutaan pengguna internet dapat memiliki akses gratis software tersebut melalui tomatolei.com. Hal ini tentunya juga memberikan keuntungan kepada pihak yang memasang iklan di situs tersebut.

Dengan terungkapnya kasus ini, China semakin tersudut dalam upayanya untuk memerangi pencurian hak kekayaan intelektual.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: