Skip to content

Fungsi Lembaga atau Pranata Politik

11 Desember 2009

Pada masa sekitar abad ke-19 dikenal dengan istilah “negara hukum klasik”. Pranata negara hukum klasik pada saat itu mempunyai fungsi sebagai “negara penjaga malam” maksudnya negara tersebut berfungsi sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pada masa sekarang dikenal dengan istilah “negara hukum modern”. Pranata negara hukum modern berfungsi bukan hannya sebagai penjaga keamanan dan ketertiban saja, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Oleh karena itu negara hukum modern juga disebut “negara kesejahteraan” atau disebut dengan istilah “welfare state” .

Selanjutnya James Vender Zanden dan Gillin merinci funsi pranata politik sebagai berikut :

  1. Internal order maksudnya memelihara dari dalam. Artinya pranata politik memelihara ketertiban dalam masyarakat dengan kewenangan yang dimilikinya, baik dengan cara persuasif maupun dengan paksaan fisik.
  2. Eksternal security maksudnya menjaga keamanan dari luar. Artinya pranata politik melalui alat-alat yang dimilikinya berusaha mempertahankan negara dan warga masyarakat dari serangan pihak luar, baik melalui diplomasi maupun peperangan.
  3. General welfare maksudnya berusaha melaksanakan kesejahteraan umum. Artinya pranata politik merencanakan, melaksanakan pelayanan-pelayanan sosial serta kebutuhan pokok masyarakat seperti : sandang, pangan, papan, pendidikan, kesejahteraan, energi, komunikasi dan sebagainya.

Selanjutnya dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara maka fungsi dari pranata politik adalah sebagai berikut:

  1. melembagakan norma-norma melalui undang-undang
  2. melaksakan undang-undang yang telah disetujui
  3. menyelesaikan konflik yang terjadi di antara warga masyarakat
  4. menyelenggarakan pelayanan umum, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, kesejahteran, dan sebagainya
  5. melindungi warga negaranya dari serangan negara asing
  6. memelihara kesiapsiagaan atau kewaspadaan dalam menghadapi bahaya
About these ads

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: