Lanjut ke konten

Mengenali Unsur-Unsur dalam Laporan Hasil Diskusi

9 September 2009

Diskusi bertujuan untuk memperoleh kesimpulan yang dapat disumbangkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan sumbangan pemikiran. Laporan kegiatan diskusi disampaikan dalam bentuk tertulis agar lebih jelas, lengkap, koherensif. Pihak yang membuat laporan diskusi adalah panitia penyelenggara/ pelaksana, sedangkan laporan ditujukan atau diserahkan kepada pihak yang membawakan panitia. Oleh pihak yang menerima laporan, hasil-hasil diskusi dapat ditindaklanjuti dengan cara memublikasikannya kepada khalayak umum.

Laporan diskusi harus singkat, jelas, terperinci, dan lengkap. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pihak penerima laporan dalam menangkap kandungan pokok laporan. Sementara itu, isi laporan sebaiknya mencakup hal-hal penting penyelenggaraan diskusi. Hal-hal yang lazim terdapat dalam laporan diskusi adalah badan penyelenggara, tempat, waktu penyelenggaraan, tujuan, dan rumusan diskusi.

Secara terperinci, unsur-unsur yang harus ada dalam laporan hasil diskusi adalah sebagai berikut.

a. Pendahuluan, yang terdiri atas:

1)latar belakang pelaksanaan diskusi,
2)tujuan diskusi,
3)langkah-langkah persiapan.

b. Uraian pelaksanaan, terdiri atas:

1)tempat dan waktu,
2)peserta,
3)prosesi jalannya diskusi,
4)rumusan hasil diskusi.

c. Penutup, yang terdiri atas:

1)kesimpulan,
2)saran-saran.

d. Lampiran

About these ads
Satu komentar
  1. Dyter permalink
    27 September 2009 8:40 AM

    Thanks for this site..
    Sgt membantu sy dlm mengerjakan tugas bahasa Indonesia :)

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: